Rabu, 05 Desember 2012

Cara Beternak Belut

I-Ternak - Cara beternak belut adalah sebuah cara alternatif mendapatkan pekerjaan dan atau penghasilan tambahan dengan memanfaatkan sedikit kemampuan dan ruang yang ada di dalam rumah. Beternak belut bisa dikatakan mudah jika kita mengetahui bagaimana caranya yang tepat.

cara beternak belut

Untuk mengetahui bagaimana cara beternak belut maka ulasan berikut ini dapat membantu langkah awal beternak belut.

Persyaratan Lokasi Beternak Belut

  1. Secara klimatologis ikan belut tidak membutuhkan kondisi iklim dan geografis yang spesifik. Ketinggian tempat beternak belut dapat berada di dataran rendah sampai dataran tinggi. Begitu pula dengan kelembaban dan curah hujan tidak ada batasan yang spesifik.
  2. Kualitas air untuk beternak belut harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik. Kondisi tanah dasar kolam tidak beracun.
  3. Suhu udara/temperatur optimal untuk pertumbuhan belut berkisar antara 25-31 derajat C.
  4. Pada prinsipnya kondisi perairan adalah air yang harus bersih dan kaya akan osigen terutama untuk bibit/benih yang masih kecil ukuran 1-2 cm. Untuk perkembangan selanjutnya belut dewasa tidak memilih kualitas air sehingga dapat hidup di air yang keruh.

Pemilihan Bibit Belut

Untuk mengoptimalkan hasil panen beternak belut diperlukan teknik pemilihan bibit yang baik dan tepat, sehingga diperoleh belut berkualitas baik sehingga tidak menghasilkan keturunan abnormal. Maka benih belut yang dipilih harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
  • Anggota tubuhnya masih utuh dan mulus, yaitu tidak ada luka bekas gigitan,
  • Gerakan tubuhnya lincah dan agresif.
  • Penampilannya sehat yang dicirikan dari tubuhnya yang keras, tidak lemas jika di pegang
  • Tubuhnya berukuran kecil dan berwarna kuning kecoklat-coklatan
  • Usianya berkisar 2 bulan – 4 bulan
Belut bersifat hermaprodit atau mempunyai kelamin ganda sehingga menjalani pergantian kelamin dari betina ke jantan dalam siklus kehidupannya. Belut muda selalu berkelamin betina. Sedangkan belut yang sudah tua selalu berkelamin jantan. Karena sifat – sifatnya itu maka terjadi masa kosong kelamin atau banci pada belut.

Karena adanya perubahan kelamin maka belut sering terjadi kanibalisme, saling bunuh dan makan diantara mereka sendiri. Induk belut yang baik dapat dikenali dari penampilannya.

Pemeliharaan dan Pembesaran

Pemupukan kolam dengan jerami yang sudah lapuk diperlukan untuk membentuk lumpur yang subur dan pupuk kandang juga diperlukan sebagai salah satu bahan organik utama.

Belut akan cepat besar jika medianya cocok. Media yang digunakan terdiri dari lumpur kering, kompos, jerami padi, pupuk TSP, dan mikroorganisme stater. Peletakkannya diatur: bagian dasar kolam dilapisi jerami setebal 50 cm. Di atas jerami disiramkan 1 liter mikroorganisma stater. Berikutnya kompos setinggi 5 cm. Media teratas adalah lumpur kering setinggi 25 cm yang sudah dicampur pupuk TSP sebanyak 5 kg.

Karena belut tetap memerlukan air sebagai habitat hidupnya, kolam diberi air sampai ketinggian 15 cm dari media teratas. Jangan lupa tanami eceng gondok sebagai tempat bersembunyi belut. Eceng gondok harus menutupi ¾ besar kolam.

Bibit belut tidak serta-merta dimasukkan. Media dalam kolam perlu didiamkan selama 2 minggu agar terjadi fermentasi. Media yang sudah terfermentasi akan menyediakan sumber pakan alami seperti jentik nyamuk, zooplankton, cacing, dan jasad-jasad renik. Setelah itu baru bibit belut dimasukkan.

Pemberian Pakan Bila diperlukan bisa diberi makanan tambahan berupa cacing, kecoa, ulat besar (belatung) yang diberikan setiap 10 hari sekali.

Mungkin itulah sedikit informasi mengenai Cara Beternak Belut yang dikutip dari berbagai sumber,buat sobat yang ingin mencoba membudidayakan belut,silahkan dicoba teknik diatas. Akhir kata kami ucapkan sukses dalam beternak belut dan semoga panen dengan hasil sesuai yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan dengan memperhatikan kata singkat berikut yaitu NO SPAM dan NO SARA. Mari kita budayakan berkomentar yang baik dan sopan.

PERINGATAN
Komentar yang tidak memenuhi kriteria tersebut diatas maka tanpa konfirmasi akan langsung dihapus.