Jumat, 16 November 2012

Cara Beternak Iklan Lele

I-Ternak - Cara berternak ikan lele yang akan ditulis di dalam blog ini dilakukan di dalam kolam terpal dan drum. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat dikerjakan di dalam kolam semen atau tanah.

cara beternak ikan lele

cara beternak ikan lele jumbo di kolam

  1. Buat 1 kolam ukuran kecil 2m x 3m, gali tanah sedalam 30 cm
  2. Isi kolam dengan air yang bebas pencemaran ( bisa berasal dari air sungai, sumur, PAM yg sudah diendapkan). Dan air dikondisikan seperti air rawa-rawa atau sungai dengan cara diberi tanaman air seperti teratai, ganggang air, kangkung, dsb
  3. Masukkan  pupuk kandang ,urea, atau tsp kedalam kolam kemudian didiamkan minimal 1 minggu agar terbentuk pakan alami berupa plankton. . kedalaman kolam sebaiknya 120 cm dgn ketinggian air 80 cm. 
  4. Masukkan benih ikan lele, dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa dengan jumlah sekitar 300-400 ekor benih ikan lele. Sebelum benih ditebarkan sebaiknya benih dihilangkan dari hama terlebih dahulu dengan merendamnya didalam larutan KM5N04 (Kalium permanganat) atau PK dengan dosis 35 gram/M2 selama 24 jam. 

Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari atau pada saat udara tidak panas. Sebelum ditebarkan ke kolam, benih diaklimatisasi dulu (penyesuaian suhu) dengan cara memasukan air kolam sedikit demi sedikit ke dalam wadah pengangkut benih. Benih yang sudah teraklimatisasi akan dengan sendirinya keluar dari kantong (wadah) angkut menuju lingkungan yang baru yaitu kolam.

Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari, yaitu pelet dan menu tambahan berupa cacahan jeroan ayam. Dengan adanya menu tambahan ini ikan menjadi lebih cepat besar dan meningkatkan pertumbuhan ikan lele. Kalau biasanya sekilo ada tujuh ekor, setelah diberi pakan tambahan sekilo bisa cuma enam ekor.

Seandainya pakan tidak dikombinasi dengan jeroan ayam, satu periode panen memerlukan 30 karung pelet. Jika ditambah jeroan ayam sebanyak 50 kg dalam satu periode pemeliharaan, pelet bisa dikurangi separuhnya.

Cara beternak ikan lele jumbo di kolam plastik (terpal)

Persiapan untuk budi daya lele jumbo dengan kolam terpal meliputi persiapan lahan kolam , persiapan material terpal ,dan persiapan perangkat pendukung. Lahan yang perlu disediakan disesuaikan dengan keadaan dan jumlah lele yang akan dipelihara.

cara beternak ikan lele - di kolam terpal


Untuk Pembesaran sampai tingkat konsumsi bisa digunakan lahan dengan ukuran 2 x 1x 0.6 meter, yang bisa diisi dengan 100 ekor lele dumbo ukuran 5-7 cm. Model pembuatan kolam bisa dengan menggali tanah kemudian diberi terpal atau dengan membuat rangka dari kayu yang kemudian diberi terpal. Cara pertama lebih membuat terpal tahan lebih lama. Sedangkn untuk kegiatan pemeliharaan sama dengan diatas

Cara beternak ikan lele di dalam drum plastik atau kaleng

Beli satu atau beberapa drum kaleng atau plastik kemudian isikan dengan air sesuai dengan aturan air diatas kemudian isiskan ikan lele sebanyak 100 - 300 ekor setiap drumnya. Untuk pakan perlakukannya sama dengan cara yang telah dijelaskan diatas

Cara Beternak Iklan Lele - di tong

Harga jual lele mencapai puncak paling mahal pada Januari. Pada bulan Januari pasokan lele berkurang karena pembibitan lele banyak yang gagal. Banyak telur gagal menetas lantaran pengaruh musim hujan. Berdasarkan pengalaman Vian, air hujan bisa menurunkan derajat keasaman (pH) air kolam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan dengan memperhatikan kata singkat berikut yaitu NO SPAM dan NO SARA. Mari kita budayakan berkomentar yang baik dan sopan.

PERINGATAN
Komentar yang tidak memenuhi kriteria tersebut diatas maka tanpa konfirmasi akan langsung dihapus.