Sabtu, 17 November 2012

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele

I-Ternak - Cara membuat kolam terpal ikan lele akan mengajarkan kepada kita bagaimana cara membuat kolam ikan yang sangat sederhana tetapi mempunyai banyak fungsi terutama bagi mereka yang ingin beternak ikan lele, mungkin cara berikut bisa membantu.

Kolam ikan terpal menjadi populer sekarang sejak semakin minimnya jumlah lahan yang bisa digunakan untuk membuat kolam ikan secara permanen. Terutama bagi para peternak ikan yang menggunakan sistem sewa lahan untuk mengembang biakkan ikannya. Ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakna dengan menggunakan kolam ikan terpal. Diantaranya lele yang sedang naik daun saat ini.

Berikut ini adalah cara membuat kolam ikan terpal yang diambil dari sumber: "Budidaya Ikan di Kolam Terpal" karangan Cahyo Saparinto

1. Siapkan bambu yang akan digunakan. Kemudian pasang bambu - bambu tersebut dengan model dan bentuk seperti gambar di bawah ini. Kolam terpal sendiri bisa dibuat dalam ukuran 2 x 3 x 1 meter, 4 x 5 x 1 meter, atau 4 x 8 x 1 meter.

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele



2. Pasang terpal yang telah dilubangi bagian tepinya dan diberi ring logam supaya tidak gampang robek. Kemudian ikat terpal pada kerangka bambu. Kebutuhan terpal untuk masing - masing ukuran kolam adalah sebagai berikut:
kolam ukuran 2 x 3 x 1 meter membutuhkan luas terpal 4 x 5 meter
kolam ukuran 4 x 5 x 1 meter membutuhkan luas terpal 6 x 7 meter

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele - 2

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele - 3

3 Langkah terakhir adalah memasang pipa atau selang untuk saluran pembuangan air apabila kolam kelebihan air. Cara memasang pipa atau selang bisa melihat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele - 4
Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele - 5

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Lele - 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan dengan memperhatikan kata singkat berikut yaitu NO SPAM dan NO SARA. Mari kita budayakan berkomentar yang baik dan sopan.

PERINGATAN
Komentar yang tidak memenuhi kriteria tersebut diatas maka tanpa konfirmasi akan langsung dihapus.