Senin, 19 November 2012

Peluang Usaha Beternak Ikan Lele

I-Ternak - Peluang usaha beternak ikan lele sangat menggiurkan jika kita selidiki lebih detail karena dengan modal usaha kecil dapat mendatangkan profit menguntungkan dan hal yang tidak kalah menariknya adalah dapat dijalankan oleh semua orang.

Peluang Usaha Beternak Ikan Lele

Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha beternak ikan lele maka beberapa tips dibawah ini dapat Anda ikuti. Hal pertama yang harus anda siapkan adalah tempat. Bila tidak mempunyai dana cukup, maka membuat satu kolam sudah cukup untuk beternak ikan lele. Usahakan kolam yang anda miliki setidaknya berukuran cukup luas untuk menampung banyak benih lele.

Untuk jenis kolam bukanlah sebuah kendala, Anda bisa menggunakan kolam tanah atau tembok karena yang paling penting dalam usaha beternak ikan lele adalah jenis benih lele yang dipakai. Harga benih lele yang berkisar antara 100 sampai 150 rupiah per ekor untuk benih lele sebesar ibu jari.

Anda bisa membeli 300 sampai 400 ekor benih lele untuk ditebarkan kedalam kolam. Sedangkan untuk pakan, anda bisa membeli pellet lembut yang juga banyak dijual di toko hewan atau membuat pakan sendiri. Anda mungkin hanya memerlukan sekitar 3 kg per bulan dengan harga pakan per kilogram sekitar 5000 rupiah. Jadi, bisa dikatakan usaha beternak ikan lele hanya memerlukan dana yang sedikit. Dan untuk pakan ekstra, bisa ditambahkan sisa nasi sehari-hari.

Yang perlu diperhatikan adalah perawatan yang benar untuk usaha beternak ikan lele seperti mengkondisikan kolam sesuai dengan habitat lele yang biasa hidup di air rawa yang keruh, dan juga waktu yang tepat untuk memindahkan lele untuk berkembang ke fase selanjutnya dari fase benih ke masa panen.

Dan hal yang lebih menarik adalah Anda tidak perlu mencari distributor atau tengkulak untuk menjual hasil usaha beternak ikan lele. Anda bisa memasang tulisan jual ikan lele dengan harga per ekor di depan rumah atau mempromosikannya sendiri ke warung-warung maka keuntungan lebih besar akan menjadi milik Anda.

Nah, itulah sekilas mengenai peluang usaha beternak ikan lele yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Akhir kata kami sampaikan terimakasih dan semoga sukses dalam beternak ikan lele, sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan dengan memperhatikan kata singkat berikut yaitu NO SPAM dan NO SARA. Mari kita budayakan berkomentar yang baik dan sopan.

PERINGATAN
Komentar yang tidak memenuhi kriteria tersebut diatas maka tanpa konfirmasi akan langsung dihapus.